Personal Goal Setting

Welcoming back to my blog!
Thank you for stopping by

Satu tahun terakhir ini saya lagi suka bikin personal goal yang berbentuk monthly basis. Alasannya kenapa dibikin dalam bentuk monthly agar lebih gampang dimonitoring dan tetap termotivasi untuk achieve it every month. 


Source : Pinterest

Berikut tips yang saya lakukan untuk keep this things done.


What is your personal goal? Big picture first!

Hal yang sangat penting adalah mengetahui personal goal Anda seperti apa. Try to keep this things simple. Jangan sampai bikin target yang terlalu banyak, dan pada akhirnya gak jalan sama sekali. Setiap bulan saya selalu membagi target menjadi 4 kelompok besar. It depends on you, how much things in your mind. Ingat, big picture dari target hidup jangan sampai ngawang kayak jalan tol, hehe. 
Misalkan saja your big goals are Profesional Life, Personal Life, Health, Family, Financial, Education, Pleasure, etc. Banyak banget hal yang bisa kamu targetkan. Tapi tulis dalam bentuk big picture terlebih dahulu. Otak manusia tidak bisa menerima banyak informasi sekaligus, kasian otak kalau dipaksa mau ini itu tiap hari hehe. Biar otaknya gak bingung, lebih enak kalau bikin grouping.

Dari setiap poin yang sudah kamu tentukan, selalu awali target dengan kata kerja. Contohnya (inget ini contoh saja ya, hehe) : 
Pleasure : Bisa jalan-jalan mewah 4 kali setahun


Go detail

Setelah big picture selesai di set, saat nya kita masuk pada bagian paling penting. How to make your dream come true. 

Dari setiap poin target tersebut, saatnya go detail with SMART goals. SMART are Specific, Measurable, Attainable, Relevant, Time-bound. 

Contoh detail dari target "Pleasure : Bisa jalan-jalan mewah 4 kali setahun"
  1. Kata-kata mewah ini agak rancu, jadi kamu set berapa duit. Misalkanya 15juta for each (*number come from the sky)
  2. Harus lebih spesifik, mau jalan-jalan kemana? Bali, Jepang, Korea, Iceland 
  3. Untuk mewujudkan jalan-jalan mwah butuh duit toh, gak mungkin jalan-jalan 15juta for each pake daun. Jadi disini butuh perencanaan keuangan juga. Set dari awal, contohnya menabung 5juta perbulan.
  4. Kapan jadwal jalan-jalan juga harus spesifik, supaya semua gak jadi wacana. Misalkan jalan-jalan Januari, April. Agustus, dan November
  5. Set semua waktu, target tabungan, dan list lokasi tujuan jalan-jalan dengan detail yang masuk akal dengan tujuan big picture tadi. 
Memiliki tujuan yang dianggap orang umum tidak masuk akal juga boleh banget, tapi langkah-langkah yang kamu tulis masuk akal gak untuk mencapainya? I always remember this magical word, high risk high return. Mau dapat sesuatu yang lebih membutuhkan perjuangan atau cost yang tidak sedikit. Punya mimpi besar harus diiringi dengan step-step yang tidak biasa. Push your limit, never compare your self to other. Compete with your own self. The only limit to your impact is your imagination and commitment. 

Monitoring the progress

Saya biasanya menulis semua apa yang saya kerjakan di bullet journal. day to day and evaluate it at the end of the week. Apa saja yang sudah saya selesaikan atau sebaliknya, apa saja hal-hal yang sebenernya gak penting tapi selalu saya masukkan kedalam list. 

Saya salah satu tipe orang yang suka mengubah sesuatu yang kualitatif menjadi kuantitatif. Ketika semuanya dapat dihitung dengan angka memberikan kepuasan sendiri. Misalkan, minggu ini saya hanya bisa menyelesaikan 80% dari target/list minggu ini. Angka ini bisa didapatkan dengan mengubah detail-detail pada step 2 dalam bentuk daily log.  Kamu bisa membuat kolom dari Senin-Minggu yang isinya semua detail list pada point-2. Jika berhasil dikerjakan beri tanda centang, dan jika gagal atau tidak dikerjalan sama sekali maka beri tanda silang. At the end of the day kamu bisa hitung berapa kali kamu commit atau suicide HAHAHA. 


Semoga membantu ya, bagi yang masih bingung cara untuk bikin personal goal yang anti wacana seperti apa. Saya juga masih belajar, senang sekali jika bisa kita bisa sharing ilmu-ilmu baru. Siapa tau kamu punya cara yang lebih ajaib dan super. You can chat me via Line to talk about this. My line-id is open for public due to online shop thing hehe.

PS :
Mau banget share beberapa foto bagaimana saya menulis semua personal goal ini. Tapi kebetulan tulisan tangan saya super jelek, hanya bisa dibaca oleh Tuhan dan saya sendiri. Saya upload dipostingan ini pun tidak akan membantu apa-apa hahaha. 

PSS :
Susah banget ya ternyata bikin satu blog post. Salut sama blogger yang seminggu bisa nulis 7 postingan. 

enjoy!

Novella


No comments:

Post a Comment

Instagram